Peduli Cegah Banjir Warga Hibahkan Tanahnya Untuk Saluran drainase

Palembang – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang Ir.H. Ahmad Bastari Yusak, ST., MT., IPM., ASEAN Eng, mengucapkan terima kasih kepada pemilik tanah keluarga Teddy diwakili keluarganya dalam acara serah terima hibah tanah, Jumat (5/5/23)di Palembang.

 

Bastari Juga bersyukur ada warga yang mau menghibahkan tanahnya untuk kepentingan umum. “ Semoga kebaikan hati Keluarga bapak Teddy yang pada hari ini diwakilkan adiknya bapak Jhon Anwar dan keluarga yang telah menghibahkan tanah seluas 8000 m2 bisa menjadi amal jariah dan kebaikan akan mengalir seperti layaknya air yang terus mengalir ”, Ucapnya.

Dirinya juga berharap semoga hal seperti ini bisa menjadi contoh dan diikuti oleh warga yang lain. “ Jumlah kolam retensi di kota palembang saat ini berjumlah 47 kolam retensi dengan adanya hibah tanah tersebut dan akan dibangun kolam retensi berarti jumlahnya bertambah menjadi 48 kolam retensi. Untuk gorong gorong yang ada disaluran di RT.89 akan diganti dan dikerjakan langsung dengan box culvert”, kata Bastari.

Sementara itu Kepala Bidang Aset Daerah, Analis Perencana BPKAD Kota Palembang, Noviarman, S.E.,M.Si,.Ak, menyampaikan apresiasi terhadap keluarga besar bapak Teddy atas hibah tanah seluas 8000 m2 yang mana 5000 m2 diperuntukkan kolam retensi dan 3000 m2 untuk saluran drainase.

“ kami akui hibah ini sebagai aset pemerintah kota Palembang dan kami cantumkan nilai tanah tersebut dalam rupiah. Kami juga akan mencatat sebagai aset pemerintah kota Palembang dengan sumber aset Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang”, Jelasnya.

Dilain pihak Dandim 0418 Kota Palembang, Letkol Czi Arief Hidayat M Han, sangat mengapresiasi atas kinerja Dinas PUPR kota Palembang dan juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Teddy selaku pemilik tanah yang telah menghibahkan kepada pihak Dinas PUPR untuk kepentingan umum.

“ Kami menilai adanya pendekatan yang sangat bagus dari Dinas PUPR kepada masyarakat. Hal – hal seperti ini sangat bagus untuk diekspose dan diapresiasi karena mengandung hal positif. masyarakat sekarang juga sudah banyak yang sadar dan proaktif dalam menjaga lingkungan”, papar Arief.

Camat Alang Alang Lebar, Sariyansyah Ismail, S.STP., M.Si, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang yang telah menjadwalkan acara ini dan memberi perhatian kepada warga Kecamatan Alang Alang Lebar.

“ Kami berharap ada juga hal seperti ini di kecamatan lain karena yang perlu kita ketahui bahwa ada tiga anak sungai di wilayah kecamatan Alang alang lebar, dan sampai saat ini alat berat dari Dinas PUPR masih terus bekerja untuk pembersihan saluran air”, tandas Ismail.

Selanjutnya, Kepala Bidang SDA-IL Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang  Ir. R.A. Marlina Sylvia , ST., M.Si., M.Sc., IPM., ASEAN Eng, juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemilik tanah bapak Teddy atas kebaikannya dalam menghibahkan tanahnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembangunan kolam retensi dan saluran drainase untuk kepentingan umum.

“ Kami sangat berterima kasih kepada warga keluarga pak teddy serta Camat Alang Alang Lebar, dan kepala RT.89 Kelurahan Talang Kelapa yang telah bersedia membantu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang dalam mengatasi banjir di kota Palembang.

“ Dalam waktu dekat tanah hibah tersebut akan dikerjakan langsung untuk pelebaran saluran drainase yang sebelumnya lebar dua meter menjadi 10 meter termasuk juga penggantian gorong –  gorong menjadi box culvert dan berharap peran serta masyarakat dan pihak terkait dalam pelaksanaan ini,”Tutur Lina.

Sebelumnya, Djalo H. Pardede selaku tim Rekomtek SDA-IL memaparkan bahwa tanah yang dihibahkan seluas 8000 m2 ,dimana 5000 m2 diperuntukkan pembangunan kolam retensi dan 3000 m2 untuk saluran drainase. “ Lokasi tanah yang dihibahkan dan kondisi lingkungan yang sering mengalami banjir. Salah satu penyebab banjir yaitu saluran drainase yang berukur hanya 2 meter dan gorong gorong yang kecil,” papar Djalo.(daeng)

 

ACARA HIBAH SALURAN DAN KOLAM RETENSI DI JALAN MAJU BERSAMA I KELURAHAN TALANG KELAPA KECAMATAN ALANG ALANG LEBAR

TANGGAL 05 MEI 2023

Peserta rapat     :

Kepala Dinas PUPR kota Palembang

Dandim 0418 kota Palembang

Kabid SDA-IL Dinas PUPR kota Palembang

Kabid Aset BPKAD kota Palembang

Camat Alang Alang Lebar

Lurah Talang Kelapa

Lurah Alang Alang Lebar

Ketua RT.89 Kelurahan Talang Kelapa

Perwakilan BBWSS VIII

Perwakilan Dinas Perkimtan kota Palembang

Ketua KMPSPB dan Lingkungan

Jafung Bidang SDA-IL Dinas PUPR kota Palembang

Jafung Bidang Bina Marga Dinas PUPR kota Palembang

Tim Sos,Tim Monev,Tim Fasilitator bidang SDA-IL Dinas PUPR kota Palembang

Bapak Jhon Anwar (wakil bapak Teddy)

Warga RT.89 Kelurahan Talang Kelapa

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Subscribe To Our Newsletter

[mc4wp_form id="69"]